04 September 2009

Puasa di Asrama

Bulan Ramadhan begini, teringat lagi masa-masa tinggal di asrama dulu. Dalam rentang waktu '93-'96, tentulah beberapa Ramadhan kulewatkan di sana.
Mengenang saat sahur dan berbuka dengan memanfaatkan fasilitas makol alias makan kolektif. adalah sebuah perjalanan ke masa silam. Ketika kita bergantian menyusun menu selama seminggu, suka-suka kita dong untuk request makanan apa saja yang kita suka. Favoritku adalah ayam cabai hijau. Dipadu sop sayuran yang panas, waah... bisa lupa segalanya. Menu juara lainnya adalah sate ayam. Wadduuh... maknyuss.
Giliran sahur, tim piket bergiliran memanaskan masakan dan membagi-baginya ke dalam wadah-wadah. Ayo... harus adil. Bangun jam 3 dini hari, masuk dapur atau mbangunin teman-teman, bagi tugas aja.
Saat berbuka, makanan relatif baru matang. Biasanya kami duduk-duduk di ruang santai, berbincang sambil menungu azan dikumandangkan dari masjid Salman, tetangga sebelah rumah. Kangen juga nih dengan adzan subuh dari Salman.
Foto di atas diambil... hmm... kapan ya? Yang jelas sambil menanti detik-detik berbuka puasa. Siap-siap nge-tek jatah makol masing-masing (kelihatannya sih seperti soto ya, yang di mangkuk-mangkuk itu?), berpose tak mau ketinggalan dong... ;) Ngebela-belain sampe lari-lari, tetep aja telat. Kamera keburu di-shoot, sementara yang lain sudah siap dengan senyum manis masing-masing. Salah satu di antaranya adalah caleg dari salah satu partai besar peserta pemilu kemarin, Dini Mentari, ketiga dari kiri berkerudung putih. Apa kabar Dini...?

4 comments:

jun said...

lo lo lo, makan kolektifnya dari dapur aspuri? Dapur F kemana? tapi asik juga ngatur menu sendiri.. sahur manasin makan sendiri? bagi2 makan sendiri, ngebangunin sendiri? yg ini gak asik...masih ngantuk atuh... mamang jaga kemana???... Rasanya jaman 70-80an klo ikut kolektif udah tinggal makan...semua yg beresin mamang bibi.. kecuali klo mau masak sendiri atau join dg beberapa teman... 'borju kere' kata Yanti (oximoron nih..) hehehe

Diah Utami said...

Sistem berganti, mbak Jun. Anak-anak penghuni Aspuri dididik untuk semakin mandiri. Masak masih dimasakin bibi, selepas asar gitu. Untuk manasin makol jatah sahur, yang piket-lah yang bertugas (umm... capeng ya, kayaknya). Belajar bertanggung jawab. Mamang jaga ya cuma jagain aja, nggak ikut campur ;)
Kalau yang mau masak sendiri, ya masih silakan saja. Tapi kita happy-happy aja kok mbak :)

Titin said...

Hehe apa sate ayam madura ya yang biasa nongol di pintu belakang asrama?? Kalo ini mah kesukaanku emang enak plus lontong lagi kan.

Diah Utami said...

Bukan sate ayam emang-emang yang biasa lewat, mbak Titin. Ini sih sate ayam tanpa tusuknya, bikinan bibi makol. Ini juga enak (banget) kok, mbak. Kangen masakan asrama nih...